Pemprov Sulsel Bakal Bangun Instalasi Pengolahan Air Bersih di Pangkep 

Pangkep - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menegaskan komitmennya untuk menyediakan akses air bersih kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Pangkep yang wilayahnya terdiri dari ratusan pulau.

Hal itu ditegaskan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat menghadiri acara Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Pangkep di Kantor DPRD Pangkep, Rabu (26/2).

Nurdin mengatakan akan segera membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk memenuhi seluruh kebutuhan air bersih masyarakat di Pangkep.

"Kita akan menghadirkan IPA untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Kita sudah punya alat, Insya Allah dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan jadi," ujar Nurdin Abdullah.

Nurdin mengatakan hingga kini Pemprov Sulsel telah memiliki teknologi pengolahan air bersih, dimana bahan bakunya dari air laut.

"Kita sudah bangun teknologi air bersih di Pulau Barang Caddi dan nanti kita akan bangun lagi sepuluh titik di daerah lain termasuk Pangkep," kata NA.

Ia mengaku, Pangkep adalah satu-satunya daerah yang tidak pernah meminta selama dirinya menjadi orang nomor satu di Sulsel.

Oleh karena itu, Gubernur Sulsel meminta kepada Pemkab Pangkep untuk segera menyusun rencana pembangunan agar diketahui kebutuhan anggaran.

"Selama saya menjadi gubernur, hanya Bupati Pangkep yang tidak pernah meminta. Oleh karena itu, tentu kita sebagai putra daerah malu kalau kita tidak ikut berkontribusi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pangkep Syamsuddin A.Hamid mengatakan, pembangunan berkelanjutan harus diteruskan dirinya sampai akhir kepemimpinan pada tahun 2021 mendatang.

Namun, tambahnya, Pangkep membutuhkan dukungan dari Pemprov Sulsel untuk menyukseskan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

"Saya kira pembangunan berkelanjutan dibutuhkan semua daerah. Tinggal bagaimana provinsi memberikan dukungan keuangan. Bagaimanapun kita desain, tapi kalau tidak ada uang, akan sangat sulit," jelasnya.